Kamis, 19 Oktober 2017

TARIAN AIR MANCUR TAMAN PECUT KOTA BLITAR

TARIAN AIR MANCUR TAMAN PECUT KOTA BLITAR
(Dikutip JATIMTIMES, BLITAR)

Wali Kota Blitar Bapak M.Samanhudi Anwar  meresmikan Taman Pecut untuk khalayak umum, Pada Kamis (22/6/2017) malam. Taman Pecut berlokasi di  bekas pasar ikan, tepatnya di timur Kantor Pemerintah Kota Blitar atau selatan Alun-Alun Kota Blitar.

Taman Pecut Mempunyai patung tangan memegan pecut yang dinamakan pecut samandiman yang mempunyai falsafah mengajak orang untuk lebih semangat.



 “Harapan saya taman pecut ini bisa merubah corak Kota Blitar dari kota yang adem ayem yang warganya lumuh (malas) menjadi kota yang warganya menjadi pekerja yang luar biasa,” kata Samanhudi.

Ia menambahkan,  taman ini didirikan guna mendukung salah satu program Pemkot Blitar yakni Mayajuwita.

“Kota Blitar nanti akan menjadi kota pariwisata, banyak warga luar kota yang dayang ke Kota Blitar pada siang hari, malam harinya mereka langsung pulang. Ini karena Kota Blitar jam 8 atau jam 9 itu sudah sepi,” terangnya.

Orang nomor satu di Kota Blitar ini berharap keberadaan Taman Pecut bisa menarik wisatawan berlama-lama di Kota Blitar, menginap dan  menikmati wisata malam di Kota Blitar.

“Taman ini didesain untuk rekreasi malam hari, salah satu tujuannya supaya warga luar kota mau menikmati suasana malam dan menginap di Kota Blitar, secara bertahap kita akan wujudkan Kota Blitar menjadi surganya para pelancong,” sambungnya.

Samanhudi menandaskan, pada akhir tahun Taman Pecut akan lebih dipercantik karena tujuanl lain dari taman ini adalah memberikan hiburan kepada warga Kota Blitar.

Sementara Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan Taman Pecut dibangun sejak tahun 2016 dengan melalui tiga tahap pembangunan. Pembangunan taman ini memakan anggaran sebesar Rp.8 miliar 454 juta 112 ribu.

 “Elemen yang ada di taman pecut adalah patung tangan pecut, air mancur statis, air mancur menari lengkap dengan efek cahaya dan suara di malam hari dan saat-saat tertentu, jalur pejalan kaki pada taman, gazebo, tempat duduk pengunjung, toilet dan taman,” papar Pande.

Keunikan Taman pecut adalah air mancur yang dapat menari sebagai elemen utama taman. Taman ini terlihat jelas  dari segala penjuru baik dari Alun-Alun, kantor walikota maupun jalan raya yang mengelilingi taman.


Peresmian taman ini disaksikan oleh ribuan warga Kota Blitar multiusia, mereka rela berdesak desakan. setelah taman diresmikan oleh wali kota, warga berebut mencari ruang berfoto dengan background Taman Pecut dengan air mancur menari-nari.(*)